Bagaimana China bertarung melawan wabah virus COVID-19?

Penulis : M. Sopiyudin Dahlan (CEO Epidemiologi Indonesia)

Kebijakan setiap negara menghadapi wabah Virus New Corona  2019 (COVID-19) mungkin berbeda-beda. Namun, kita bisa belajar dari Negara China, tempat di mana awal kasus terdeteksi. Mereka belajar banyak dari wabah sebelumnya, yaitu SARS. Mari kita kaji bagaimana China melawan wabah virus COVID-19. 

Kasus pertama yang berujung wabah virus Covid-19 di China

Empat kasus pertama (saat itu belum diketahui penyebabnya) ditemukan oleh seorang dokter di sebuah rumah sakit di Kota Wuhan. Tiga di antaranya berasal dari satu keluarga. Menurut dokter tersebut, empat pasien ini mengalami infeksi paru (pneumonia) yang tidak biasa. Kita harus berterima kasih kepada dokter ini karena keesokan harinya langsung melapor ke ‘kementrian kesehatan’ Wuhan. Laporan ini merupakan langkah awal yang sangat penting sehingga China akhirnya menyadari potensi wabah sehingga dapat merencanakan strategi yang tepat melawan wabah virus COVID-19.

Kasus kedua yang berujung wabah virus Covid-19 di China

Hanya dalam waktu satu minggu sejak empat kasus pertama, tim dokter di Wuhan menemukan tiga kasus lainnya. Sehingga dalam waktu satu minggu, terdapat tujuh “kasus tidak biasa”. Berdasarkan penelusuran riwayat sebelum sakit, tujuh pasien ini mempunyai kesamaan. Kesamaannya adalah riwayat perjalanan atau bekerja di sebuah pasar di Kota Wuhan. Selanjutnya, otoritas Wuhan langsung melakukan tindakan penutupan pasar tersebut. Ini merupakan cara China bertarung melawan wabah Virus COVID-19 (yang saat itu belum diketahui).

Bagaimana selanjutnya China bertarung melawan wabah Virus COVID-19?

Otoritas Wuhan bergerak untuk mengantisipasi peristiwa ini. Selain menutup pasar, mereka juga segera melapor ke “kementrian kesehatan” Negara China yang ditindaklanjuti dengan mengirimkan notifikasi ke World Health Organization (WHO). Ini dilakukan dalam satu minggu sejak kasus ditemukan. Satu minggu kemudian, saintis China menemukan virus penyebab yang ternyata mempunyai materi genetik mirip kasus SARS namun telah mengalami mutasi. Bagaimana kemudian langkah-langkah yang dilakukan Negara China bertarung melwan wabahVirus COVID-19?

Untuk selengkapnya, kami telah membuat video. Pada video ini, terdapat urutan kronologis mulai dari empat kasus pertama sampai dengan Februari 2020 ketika artikel dipublikasikan di JAMA (Journal of American Medical Association). Pada video ini, kita bisa banyak belajar bagaimana China bertarung melawan wabah Virus COVID-19. Selamat menyimak!